Apple ingin membuat chip menggunakan arsitektur RISC-V sumber terbuka

Sebuah posting di situs web Karir di Apple mungkin memberi kita petunjuk tentang rencana masa depan Apple mengenai chip yang digunakannya untuk menggerakkan perangkatnya. Saat ini, perusahaan mengandalkan arsitektur chip ARM Holding untuk chipsetnya, tetapi raksasa teknologi itu sedang mencari RISC-V High-Performance Programmer. RISC adalah singkatan dari Reduced Instruction Set Computer dan merupakan arsitektur chip sumber terbuka.

Petunjuk posting pekerjaan Apple tentang penggunaan arsitektur RISC-V di chip masa depan

Karena bersifat open-source, pembuat perangkat yang menggunakannya tidak perlu membayar royalti atau biaya lisensi. Saat ini, Apple membayar royalti untuk menggunakan arsitektur ARM. Meskipun RISC-V memberikan penghematan konsumsi energi, RISC-V juga tidak mendukung tingkat kinerja yang Anda lihat dengan ARM. Selain lebih hemat daya, RISC-V dapat menurunkan biaya pembuatan chip; dengan semua komponen berbasis ARM yang digunakan di banyak perangkat Apple, menggunakan RISC-V open-source dapat menghemat jutaan dolar Apple setiap tahun.

Tetapi tidak praktis bagi Apple untuk sepenuhnya mengganti chipset berbasis ARM seperti SoC seri-A dan M-series dengan komponen RISC-V. Itu karena langkah seperti itu akan memakan waktu bertahun-tahun perencanaan dan Apple kemungkinan besar akan membuat langkah seperti itu sebelum memulai peralihannya ke Apple Silicon untuk Mac dan iPad Pro . Harus ditunjukkan bahwa chip ARM adalah RISC dan sebenarnya, ARM adalah singkatan dari Advanced RISC Machine.

Di situs web ARM , RISC mendefinisikan RISC sebagai “arsitektur mikroprosesor yang menggunakan set instruksi kecil yang sangat dioptimalkan daripada set instruksi yang sangat terspesialisasi yang biasanya ditemukan di arsitektur lain. RISC adalah alternatif untuk Computing Set Instruksi Kompleks ( CISC) dan sering dianggap sebagai teknologi arsitektur CPU paling efisien yang tersedia saat ini.”

RISC-V menawarkan eksekusi instruksi CPU yang lebih efisien dan lebih cepat

ARM menambahkan bahwa “Dengan RISC, unit pemrosesan pusat (CPU) mengimplementasikan prinsip desain prosesor dari instruksi yang disederhanakan yang dapat melakukan lebih sedikit tetapi dapat mengeksekusi lebih cepat. Hasilnya adalah peningkatan kinerja. Fitur utama RISC adalah memungkinkan pengembang untuk meningkatkan mendaftar set dan meningkatkan paralelisme internal dengan meningkatkan jumlah utas paralel yang dieksekusi oleh CPU dan meningkatkan kecepatan instruksi eksekusi CPU ARM, atau “Advanced RISC Machine” adalah keluarga spesifik arsitektur set instruksi yang didasarkan pada arsitektur set instruksi yang dikurangi dikembangkan oleh Arm Ltd.”

Mengenai daftar pekerjaan, Apple menulis, “Grup Vektor dan Numerik bertugas merancang, meningkatkan, dan meningkatkan berbagai subsistem tertanam yang berjalan di iOS, macOS, watchOS, dan tvOS. Grup ini mencari programmer berkinerja tinggi yang luar biasa untuk melengkapi tim. dan buat perbedaan. Sebagai anggota grup kami yang bergerak cepat, Anda akan memiliki kesempatan unik untuk menyenangkan dan menginspirasi jutaan pelanggan Apple setiap hari.”

Jika Anda mempertimbangkan posisi ini, Apple mencantumkan kualifikasi:

  • 5+ tahun pengembangan algoritme tingkat rendah dalam pemrosesan sinyal atau pembelajaran mesin primitif.
  • Pengetahuan terperinci tentang RISC-V Instruction Set Architecture (ISA) dan ISA vektor ARM.
  • Pemahaman yang kuat tentang efisiensi komputasi.
  • Keterampilan pengkodean yang sangat baik dalam ASM dan C.
  • Keahlian komunikasi berbicara dan menulis yang kuat.
  • Kemampuan untuk mengelola banyak tugas dan memprioritaskan diri sendiri.

Jelas, pekerjaan seperti ini membutuhkan latar belakang pendidikan yang kuat dalam matematika, ilmu komputer, dan teknik komputer. Meskipun gelar yang lebih tinggi lebih disukai, Anda mungkin bisa mendapatkan pekerjaan tanpa itu.
RISC-V lebih hemat energi, menggunakan lebih sedikit transistor, dan memungkinkan pengguna membuat chip yang lebih murah

Sementara Apple tampaknya tidak siap untuk membuat perubahan besar pada RISC-V, Apple dapat memutuskan untuk mengganti beberapa chip buatan ARM dengan chip baru berdasarkan RISC-V. Terlepas dari apa yang ada dalam pikirannya, Apple memang mencari seseorang yang dapat membantunya bekerja dengan arsitektur open-source. Deskripsi pekerjaan menyatakan bahwa “Pemrogram akan bekerja dalam tim yang “menerapkan solusi RISC-V yang inovatif dan rutinitas seni. Ini untuk mendukung komputasi yang diperlukan untuk hal-hal seperti pembelajaran mesin, algoritme penglihatan, sinyal, dan pemrosesan video.”

Menurut ARM, “RISC memberikan kinerja tinggi per watt untuk perangkat yang dioperasikan dengan baterai di mana efisiensi energi adalah kuncinya…untuk desainer chip, prosesor RISC menyederhanakan proses desain dan penerapan dan memberikan biaya per-chip yang lebih rendah karena komponen yang dibutuhkan lebih kecil. Karena set instruksi yang berkurang dan logika decoding yang sederhana, lebih sedikit ruang chip yang digunakan, lebih sedikit transistor yang diperlukan, dan lebih banyak register tujuan umum dapat masuk ke unit pemrosesan pusat.

Artikel ini dipersembahkan oleh teknowarta.com. Jika Anda ingin mengetahui berita terkini seputar teknologi dan gadget lainnya, silahkan kunjungi teknowarta.com.

Leave a Comment