Cara Merawat Kambing – 5 Tips Penting

Penting untuk mengetahui cara merawat kambing jika Anda memiliki peternakan kambing atau hanya berencana untuk memulainya. Kambing merupakan sumber pendapatan yang besar, dan mampu menyediakan berbagai produk mulai dari produk susu seperti susu, daging, dan kulitnya juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk produk kulit, atau bahkan kambing itu sendiri atau miliknya. dari mata air bisa dijual. Kambing juga bisa berfungsi sebagai semacam peralatan peternakan karena cukup efektif dalam membasmi gulma, dan kambing juga dapat di gunakan untuk melakukan acara Aqiqah (Haqiqa, Aqiqah) bagi umat muslim. Sangat penting untuk mengetahui dengan baik hewan yang Anda pelihara atau ingin Anda pelihara. Pelajari cara merawat kambing yang benar dengan tips berikut ini:

1. Sediakan pendamping, jauh lebih baik jika jodoh, untuk kambing Anda jika memungkinkan. Kambing adalah hewan sosial, dan karena itu membutuhkan kehadiran dan persahabatan dari hewan yang sama. Jika Anda mengkhawatirkan keturunannya dan mengurus sesuatu yang lebih dari yang bisa Anda tangani, Anda selalu bisa menjualnya. Tergantung pada jenisnya, seekor kambing dapat menghasilkan banyak uang.

2. Sediakan kambing Anda tempat berteduh yang luas dan bersih. Pastikan itu cukup luas bagi mereka untuk berkeliaran dan bermain. Jika mereka akan ditempatkan di dalam shelter maka shelter tersebut harus memiliki ventilasi yang baik. Kebanyakan kambing dapat dengan mudah beradaptasi dengan iklim atau lingkungannya, namun kandang harus mampu melindungi mereka dari unsur-unsur keras seperti hujan. Tempat penampungan juga harus dapat memberikan perlindungan terhadap hewan lain yang dapat membahayakan kambing Anda seperti anjing dan hewan liar. Itu juga harus dibersihkan secara teratur untuk menghindari infestasi serangga dan tikus. Juga sediakan tumpukan jerami kering untuk dijadikan alas tidur mereka. Jika Anda berniat untuk membiarkan kambing berkeliaran di ladang Anda, maka pastikan bahwa ladang Anda bebas dari tanaman dan gulma tertentu yang beracun atau dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penyakit pada kambing.

3. Berikan kambing Anda makanan dan air minum yang bersih dan sehat. Perhatikan apa yang Anda beri makan kambing Anda, jika Anda akan memberi mereka lebih banyak makanan alami dan organik, maka waspadai tanaman apa yang mungkin beracun bagi mereka atau yang bermanfaat bagi mereka seperti jelai, dedak, dan gandum. Jika Anda ingin mengetahui cara merawat kambing yang benar, Anda harus tahu bagaimana kambing cukup sensitif ketika pola makannya tiba-tiba berubah. Jika Anda menggunakan pakan maka beri mereka pakan yang sesuai seperti untuk mereka yang sedang menyusui atau tujuan spesifik apa pun yang Anda miliki untuk kambing Anda.

4. Jagalah agar kambing Anda terawat dengan baik: mandi secara teratur dan sesekali memotong bulu dan kuku membantu, jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan Anda.

5. Periksakan kambing anda secara rutin ke dokter hewan, mereka sangat tahu cara merawat kambing ketika sakit. Memeriksakan kambing Anda secara teratur oleh dokter hewan dapat melindungi mereka dari penyakit dan infeksi karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Ingatlah selalu bahwa kambing yang sehat akan menjaring Anda dengan keuntungan yang baik, tetapi bagi siapa pun yang tidak mengejar keuntungan tetapi untuk cinta dan persahabatan makhluk-makhluk ini, Anda pasti ingin mereka menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan panjang umur, jadi pelajari caranya merawat kambing dengan benar.

Jika Anda ingin mengadakan aqiqah sebaiknya Anda menghubungi layanan aqiqah jakarta yang memiliki kambing-kambing sehat, berpengalaman, dan melayani aqiqah sesuai syariat islam.

Leave a Comment