Menyiapkan Akuarium Bertema Amazon Alami

Sebagian besar ikan akuarium air tawar yang kami temukan di toko hewan peliharaan kami berasal dari sungai tropis Amazon di Amerika Selatan. Amazon memiliki lebih banyak variasi kehidupan ikan dan tumbuhan dari semua sungai di dunia yang disatukan.

Keanekaragaman dan keindahan ikan dan tanaman Amazon yang menakjubkan membuat saya tertarik pada gaya akuarium ini. Saya telah jatuh cinta dengan membuat tangki komunitas Amazon dan menciptakan kembali lingkungan dan ekosistem alami sungai ini.

Keragaman Sungai Amazon dan banyak alirannya berarti ada cara tak terbatas di mana Anda dapat membuat tema Amazon, dan gaya serta dekorasi pengaturan akuarium Anda akan bergantung pada jenis ikan apa yang ingin Anda pelihara.

Hari ini saya akan fokus menyiapkan akuarium bertema Amazon yang cocok untuk Angelfish atau Discus. Ikan ini dapat tumbuh cukup besar sehingga dianjurkan untuk memiliki akuarium minimal bervolume 150-200 liter atau lebih. Mereka juga ikan yang agak damai, jadi sangat cocok untuk akuarium komunitas, asalkan mengikuti beberapa panduan sederhana.

Untuk tema saya, saya ingin membuat kembali hutan Amazon yang banjir. Setiap musim hujan, Sungai Amazon meluap hingga membanjiri hutan di sekitarnya. Pada saat ini ikan pergi ke hutan untuk mencari tempat tenang yang cocok untuk berkembang biak. Ini adalah jenis akuarium yang ingin saya wakili dan akan memandu Anda melalui prosesnya.

Mengumpulkan Dekorasi untuk Akuarium Amazon

Untuk akuarium bertema Amazon, dekorasi (kerikil, batu, kayu apung, tanaman) harus sealami mungkin.

Bagi saya ini adalah alasan yang bagus untuk keluar ke alam dan menjelajahi beberapa sungai dan sungai lokal. Jika Anda cukup beruntung untuk tinggal di dekat sungai atau aliran alami yang bersih seperti saya, maka ini adalah tempat yang ideal untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan untuk pengaturan Amazon Anda.

Sungai di dekat saya memiliki kerikil coklat/merah yang sangat halus hampir seperti pasir. Saya mengumpulkan kerikil senilai 2-3 ember ini untuk substrat saya. Anda dapat membersihkannya dengan cepat menggunakan selang di ember setengah penuh, mengaduk ujung selang melalui kerikil dan menuangkan air kotor, tetapi ini tidak perlu dan dapat bermanfaat untuk meninggalkan kotoran dan potongan daun lainnya dan tetap di sana karena ini akan membantu pertumbuhan tanaman.

TIP: Pastikan untuk mendapatkan kerikil terbaik yang Anda bisa; ini akan membantu pertumbuhan tanaman karena akar dapat dengan mudah menyebar melalui kerikil, jika tidak tanaman dan akarnya akan mengalami kesulitan.

Saat Anda menyusuri sungai, pastikan untuk mengumpulkan beberapa batu yang lebih besar dan banyak kayu apung yang tampak menarik. Anda dapat mulai merencanakan lanskap akuarium saat Anda menemukan potongan kayu apung dan batu. Pastikan untuk mengumpulkan lebih banyak kayu apung daripada yang Anda butuhkan, karena cukup sering saya akan membawa pulang sepotong kayu yang bagus hanya untuk menemukan bahwa itu terlalu besar dan tidak akan terlihat bagus di akuarium.

Anda dapat menggosok kayu apung secara cepat dengan penggosok baru jika Anda ingin membersihkannya. Ini bisa menjadi ide yang bagus karena beberapa kayu mungkin memiliki jejak alga dan seringkali Anda tidak dapat melihatnya. Itu tidak sepenuhnya diperlukan dan harus baik-baik saja selama sungai itu berasal dari air tawar yang bersih.

Jika Anda tidak seberuntung saya dan tidak dapat menemukan benda-benda ini di alam liar, Anda dapat menemukannya di toko hewan peliharaan atau toko perlengkapan taman setempat. Jika Anda membelinya pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh sebelum digunakan.

Tanah untuk Menanam Tanaman

Kebanyakan orang tidak berpikir untuk melakukan ini, tetapi untuk menumbuhkan tanaman air yang sehat, seperti halnya tanaman terestrial biasa, Anda membutuhkan tanah yang baik.

Jadi sarang yang perlu Anda kumpulkan adalah tanah bersih yang bagus. Jika Anda memiliki tanah bersih yang bebas dari bahan kimia di kebun Anda, Anda dapat menggunakan ini, meskipun ini bisa berisiko karena tanah Anda mungkin sangat keras dan memiliki tingkat PH tinggi yang tidak cocok untuk ikan Anda. Sebaiknya uji tanah Anda di akuarium kecil terlebih dahulu untuk memastikan cocok untuk ikan dan tanaman yang Anda tuju.

Jika Anda tidak memiliki tanah yang cocok, Anda dapat membelinya dari persediaan kebun setempat. Saya telah mendengar orang-orang secara teratur menggunakan kompos Anggrek yang dikatakan sangat baik. Pastikan itu bebas dari bahan kimia dan Anda harus benar, tetapi sekali lagi uji coba kecil selalu merupakan ide yang baik untuk memastikan.

Peralatan Akuarium, Pemanas, dan Filtrasi Anda

Saya berasumsi bahwa Anda telah menyiapkan akuarium Anda dan peralatan pemanas dan filtrasi Anda sudah dibeli, tetapi berikut adalah beberapa tip cepat untuk penyiapan Anda.

Filter: Saya merekomendasikan filter daya kecil (atau dua) yang ditempatkan di sudut belakang akuarium. Pastikan untuk membaca berapa liter air yang cocok untuk filter Anda sebelum Anda membelinya. Anda ingin membuat gerakan melingkar air yang mengalir tepat di sekitar akuarium, menyebarkan suhu dan nutrisi secara merata di sekitar akuarium.

Pemanasan: Suhu ideal akan tergantung pada ikan dan tanaman Anda, tetapi untuk hampir semua ikan Amazon, 27 derajat Celcius adalah sempurna. Suhu mungkin berfluktuasi sedikit selama malam yang dingin atau hari yang panas tetapi beberapa derajat baik-baik saja.

TIPS: Selalu sediakan pemanas cadangan kedua jika salah satunya gagal, dan jika gagal, biasanya Anda tidak akan punya waktu untuk menggantinya sebelum ikan Anda mati semua.

Pencahayaan: Ini adalah faktor yang sangat penting jika Anda menanam tanaman. Untuk akuarium 200-250 liter, Anda membutuhkan 4 bola lampu neon X yang mencapai panjang penuh akuarium. Anda bisa mendapatkan bola khusus untuk menanam tanaman akuarium dari toko hewan peliharaan lokal Anda dan kadang-kadang dari toko lampu/lampu di mana harganya biasanya lebih murah daripada toko hewan peliharaan. Toko perangkat keras juga terkadang menyediakan globe yang sesuai.

TIPS: Ganti globe Anda setiap enam bulan untuk hasil terbaik. Mata manusia tidak bisa membedakan dari melihatnya, tetapi setelah 6 bulan bola akan mulai kehilangan potensinya dan pertumbuhan tanaman akan melambat.

Berikan akuarium Anda 8-9 jam cahaya per hari. Anda dapat mengatur timer listrik untuk ini. Jika Anda memiliki masalah dengan ganggang di masa depan, Anda dapat mengurangi cahaya satu jam.

Ini adalah tiga hal yang Anda butuhkan untuk menjalankan akuarium Anda.

Bagaimana dengan Oksigen bagi ikan untuk bernafas?

Anda TIDAK memerlukan “pompa udara” yang meniupkan gelembung ke akuarium Anda. Untuk memulainya, gelembung-gelembung ini tidak benar-benar menambahkan oksigen ke dalam air, melainkan agitasi dan pergerakan permukaan air yang memasukkan oksigen ke dalam air.

Tanaman yang tumbuh di akuarium akan memberikan oksigen ke dalam air, dan untuk melengkapi ini saya menempatkan filter daya saya di dekat permukaan air sehingga sedikit riak gangguan air dibuat, tetapi hanya sedikit, terlalu banyak agitasi ke permukaan dan Anda akan melepaskan senyawa berharga lainnya seperti Co2 (karbon dioksida) yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Tanaman: Merupakan ide bagus untuk melakukan penelitian tentang jenis tanaman akuarium apa yang cocok untuk air lunak akuarium Amazon. Tanaman yang baik untuk dipilih adalah Tanaman Pedang, Anubius dan Vallesneria. Ada banyak tanaman lain yang cocok juga tetapi pastikan mereka cocok untuk air lunak dan PH sekitar 5,5-6.

Air: Air yang Anda gunakan adalah elemen paling penting sehingga Anda harus melakukannya dengan benar. Untuk memulainya, Anda dapat menguji air keran Anda untuk bahan kimia apa pun menggunakan alat uji air. Anda bisa mendapatkannya dari toko-toko yang mengkhususkan diri dalam filter air rumah. Jika air Anda mengandung bahan kimia maka Anda perlu mengolahnya atau mencari sumber air alternatif. Alternatif yang baik, dan benar-benar air terbaik yang dapat Anda gunakan adalah air hujan yang tidak diolah. Beberapa orang beruntung dan juga memiliki akses ke mata air dan sumur bawah tanah yang akan menyediakan air yang lebih baik daripada air hujan, meskipun ini terkadang agak sulit dan paling baik dikombinasikan dengan air hujan jika memungkinkan. Jika Anda ingin mengolah air Anda, sistem Reverse Osmosis adalah yang terbaik untuk menghilangkan semua bahan kimia dari air Anda.

Anda juga memerlukan alat uji PH air. PH yang ideal untuk akuarium Amazon adalah 5,5 – 6. Ini berarti airnya lembut seperti kondisi di sungai Amazon itu sendiri. Anda dapat menurunkan PH Anda agar sesuai jika perlu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menambahkan air hujan ke akuarium, tangkap dalam ember jika perlu saat hujan. Air hujan selembut air dan dengan sendirinya bahkan bisa terlalu lunak. Hal lain yang membantu melunakkan air adalah banyak kayu apung, yang sudah kami rencanakan untuk akuarium.

Oke, Saatnya Mengatur Akuarium

Sekarang Anda memiliki akuarium, peralatan, tanah, kerikil, batu, kayu apung, dan tanaman Anda. Sekarang Anda siap untuk mulai menyiapkan akuarium.

Masukkan tanah sedalam 2-3 cm ke dalam akuarium. Ini bisa sedikit lebih dalam di bagian belakang tangki tempat tanaman yang lebih besar akan tumbuh.

Selanjutnya letakkan kerikil atau pasir sungai sedalam 2-4 cm di atas tanah.

Sekarang Anda dapat mulai mengatur kayu apung dan batu yang lebih besar ke dalam tata letak yang Anda inginkan. Cobalah untuk menciptakan ruang yang cukup untuk berenang dan banyak ruang dan wilayah persembunyian untuk ikan yang Anda tuju.

Kayu apung dapat ditempelkan ke substrat kerikil dan ditahan oleh batuan yang lebih besar jika perlu untuk membuat tata letak yang diinginkan.

Setelah Anda memiliki batu dan kayu apung di tempat Anda dapat mulai merencanakan di mana Anda akan menempatkan tanaman Anda. Cobalah untuk mengingat berapa banyak ruang yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan lakukan penelitian tentang seberapa besar setiap tanaman akan tumbuh. Jika tidak, Anda akan mendapati diri Anda harus memindahkan atau membuang tanaman karena ukurannya terlalu besar yang dapat merusak keindahan akuarium dan juga ikan dapat mengalami kesulitan tanpa ruang untuk berenang dengan bebas.

Mulailah dengan menambahkan sekitar satu atau dua inci air. Ini akan memudahkan penanaman akar tanaman Anda. Sebagian besar tanaman Anda dapat ditanam pada tahap ini. Untuk beberapa tanaman seperti tanaman batang yang tumbuh tipis dan tinggi akan lebih mudah untuk menanamnya saat air terisi setengah.

Setelah Anda memiliki semua tanaman di tempatnya, Anda dapat menambahkan sisa air dan mengatur pemanas dan filter Anda. Menempatkan pemanas Anda di samping filter Anda akan memastikan bahwa akuarium dipanaskan secara merata.

Juga ingat tip untuk menempatkan filter daya Anda di dekat permukaan untuk membuat sedikit gangguan di permukaan air untuk membiarkan oksigen masuk.

TIPS: Pastikan tutup akuarium Anda tidak tertutup rapat, jika tidak oksigen tidak akan bisa masuk ke akuarium.

Sekarang saatnya memasang tutup dan menyalakan lampu, pemanas, dan filter.

Siklus Akuarium

Yang terbaik adalah meninggalkan akuarium Anda setidaknya selama seminggu tanpa ikan di dalamnya, ini akan memberi waktu kimia air untuk menetap dan beradaptasi, dan untuk mulai menciptakan bakteri yang dibutuhkan untuk ekosistem yang sehat.

TIPS: Cara yang baik untuk meningkatkan keefektifan siklus awal ini adalah dengan menemukan seseorang yang telah memiliki akuarium yang sukses (sehat dan bebas penyakit). Ambil sebagian air, tas kecil atau ember penuh dan masukkan ini ke akuarium baru Anda. Ini juga sangat bermanfaat untuk mengambil sedikit kerikil. Ini akan memperkenalkan semua bakteri baik yang dibutuhkan ikan dan tanaman Anda untuk ekosistem yang sehat dan akan sangat mempercepat siklus Anda.

Memilih Ikan Anda

Untuk akuarium bertema Amazon kami, kami jelas hanya akan memasukkan ikan dari Amazon, jadi sekali lagi pastikan untuk melakukan penelitian tentang ikan yang tersedia, kebutuhan mereka dan seberapa besar ikan akan tumbuh.

Inilah ikan yang perlahan-lahan saya perkenalkan ke dalam pengaturan Amazon 250L saya:

– 3 Pasang Angelfish.
2 Pasang akan lebih cocok. 3 pasang agak sempit di ruang ini ketika mereka telah mengukir wilayah dan mulai berkembang biak, tetapi dengan cukup tanaman dan kayu apung rumah yang nyaman dapat disediakan untuk 3 pasang saya. Malaikat saya diperkenalkan sebagai bayi kecil dengan tubuh seukuran seperempat. Dengan cara ini mereka dapat tumbuh ke dalam akuarium dengan baik dan beradaptasi dengan gaya hidupnya dan ikan lain yang mereka tinggali.

ATAU – 1 atau 2 pasang Discus.
Alih-alih Angelfish, Anda bisa memilih Discus. Discus akan tumbuh lebih besar dari Angelfish jadi di akuarium 250L saya hanya akan merekomendasikan 2 pasang paling banyak. Sepasang akan lebih nyaman dan mereka akan tumbuh lebih besar juga. Untuk akuarium kurang dari 200L hanya satu pasang, dan jika akuarium Anda kurang dari 100 Liter maka lupakan Angelfish dan Discus.

– Sekolah kecil Tetras.
Saya memperkenalkan sekolah kecil Kerry Tetras dan Cardinals sejak awal dan sebelum Malaikat ditambahkan. Awalnya saya memiliki selusin Kerry Tetra dan setengah lusin Cardinals. Karena Angelfish saya tumbuh dengan Tetras ini, ada BANYAK tanaman untuk bersembunyi, dan karena saya memberi makan banyak Angels saya, tetra cukup aman dari dimakan oleh Angels. Jika saya memperkenalkan Angelfish lapar yang besar, mereka pasti akan senang makan tetra kecil. Tetra juga merupakan ikan yang bagus untuk dimiliki, tidak hanya karena mereka terlihat cantik berenang di sekitar sekolah kecil mereka bersama-sama, tetapi mereka juga membuat ikan lain merasa aman, bertindak seperti pengintai.

– 2 Pasang Blue Rams – Dwarf Cichlids.
Ikan ini benar-benar cantik, dan mereka hanya tumbuh dengan ukuran yang hampir sama dengan Tetra, begitu juga teman akuarium yang ideal untuk komunitas Amazon. Ikan ini suka bersembunyi di gua dan tanaman lebat, jadi pastikan untuk membuat tempat seperti ini untuk bersembunyi.

– Sekolah kecil Corydoras Catfish.
Untuk membersihkan sisa makanan yang masuk ke dasar dan tidak dimakan oleh ikan lain, orang-orang ini sangat cocok. Mereka akan tetap di bawah dan membersihkan semua kekacauan yang tersisa. Saya awalnya menambahkan 2 dan kemudian 4 lagi. Ini juga merupakan ikan sekolah jadi jika Anda mendapatkan setengah lusin Corydoras, mereka akan berkumpul bersama dan hampir tampak seolah-olah mereka sedang bermain satu sama lain dan ikan lain yang merupakan hal yang paling indah untuk melihat.

– Alga makan ikan lele.
Dengan semua pertumbuhan tanaman Anda biasanya Anda tidak akan memiliki masalah alga, tetapi jumlah kecil dapat muncul, dan ini adalah tanda akuarium yang sehat. Saya menambahkan sepasang Bristlenose Pleco ke akuarium saya untuk membersihkan sejumlah kecil alga yang mulai muncul di gelas saya setelah beberapa bulan. Bristlenose hanya tumbuh sekitar 10-15cm sehingga ideal untuk akuarium ukuran ini. Bristlenose juga suka mengunyah kayu apung sebagai bagian dari makanan mereka, jadi sekali lagi mereka ideal untuk pengaturan ini.
Tip: Jika Anda ingin membeli Bristlenose Pleco, pastikan Anda tidak membeli Pleco jenis lain. Mereka mungkin terlihat bagus ketika mereka kecil, tetapi hampir semua jenis Pleco lain yang tersedia di toko hewan peliharaan lokal Anda akan tumbuh hingga sekitar 2 kaki panjangnya. Tidak cocok.

Pilihan bagus lainnya untuk pemakan alga kecil adalah lele Otocinclus, Otto Catfish, atau Dwarf Suckermouth seperti yang kadang-kadang disebut. Orang-orang ini hanya tumbuh sebesar tetra sehingga sangat cocok untuk akuarium rumah kecil.

Dan itu tentang mengisi akuarium saya ke tingkat yang nyaman. Semua ikan memiliki cukup ruang untuk berenang, bersembunyi, dan melarikan diri satu sama lain jika perlu dan mereka memiliki cukup ruang untuk wilayah mereka.

Juga, dengan berbagai kelompok ikan, setiap orang tampaknya selalu memiliki sesuatu untuk dilakukan dan seseorang untuk bermain. Ini juga merupakan kunci yang baik untuk diperhatikan, karena tanpa teman, ikan bisa kesepian, tertekan, dan bahkan mati. Berkali-kali saya memiliki sepasang ikan yang cantik ketika salah satu dari mereka tiba-tiba sakit dan mati, kemudian yang lain akan depresi, berhenti makan dan menyerah begitu saja pada hidup. Jika Anda dapat menemukan pengganti sebelum ikan menjadi terlalu tertekan maka ini biasanya dapat membantu mereka mengatasinya.

Memperkenalkan Ikan Anda

Mulailah dengan hanya memperkenalkan sejumlah kecil ikan untuk memastikan kondisi semua aman dan sehat. Jika ikan awal ini baik-baik saja, setelah satu atau dua minggu Anda dapat menambahkan lebih banyak ikan secara perlahan.

TIPS: Jangan pernah membuat akuarium Anda terlalu penuh atau menambahkan ikan terlalu cepat. Ini akan menciptakan keseimbangan yang cepat dalam ekosistem akuarium Anda dan merupakan penyebab paling umum penyakit dan kematian ikan.

Itu tentang mencakup pengaturan. Sekarang Anda dapat duduk dan menikmati akuarium Amazon alami Anda yang indah selama bertahun-tahun yang akan datang dengan sedikit perawatan.

TIPS: Yang utama adalah melakukan penggantian air 30-50% setiap minggu atau sesering mungkin. Ini akan membawa nutrisi segar untuk tanaman dan ikan dan juga menghilangkan penumpukan nitrat dan bahan kimia lain yang dihasilkan.

TIPS: Tumbuhan dan ikan sama-sama mengirimkan bahan kimia khusus ke dalam air. Pada dasarnya bahan kimia ini mengatakan “Saya tumbuh, jadi jangan berani”. Melakukan penggantian air secara teratur akan membantu menjaga bahan kimia ini turun dan akan meningkatkan pertumbuhan ikan dan tanaman Anda.

Leave a Comment